Selasa, Desember 06, 2011

Dasar-Dasar Pemrograman :: ^_^::

Dasar-dasar Pemrograman
 Beberapa Kesalahan Yang terjadi dalam pemrogram java

Pada saat mempelajari bahasa pemrograman baru, mungkin kita menjumpai beberapa kesalahan (error), baik ketika proses meng-compile (compile-time errors) ataupun menjalankan (run-time errors) program. Berikut adalah beberapa kesalahan tersebut.Ketika Proses Kompilasi (Compile-time error)
Kesalahan yang terjadi pada saat proses compile program. Biasanya karena kesalahan penulisan program (syntax error), contoh:
Muncul pesan …class… is public, it should be declared in a file named ….java
Ini berarti nama class tidak sesuai (sama) dengan nama file-nya. Pemecahan untuk masalah ini ada dua, yaitu: ganti nama file .java dengan nama class yang ada di dalamnya atau ganti nama class yang sama dengan nama file .java.
1. Kesalahan penulisan (syntax errors)
Ada beberapa kemungkinan:
Mungkin Anda kurang benar menuliskan perintah di Java atau lupa untuk menulis tanda titik-koma (;) pada akhir pernyataan (statement). Java memang berusaha untuk menunjukkan error tersebut dengan cara memperlihatkan baris kode dan karakter yang salah dalam baris tersebut. Tetapi error yang ditunjukkan belum tentu tepat pada baris yang ditunjukkan tersebut.
Atau bisa juga penggunaan huruf besar atau kecil yang tidak tepat, ejaan kata yang salah, penggunaan karakter-karakter khusus yang tidak benar, dan kurangnya tanda baca yang sudah ditentukan.

Kesalahan dalam Pemrograman Java

Dalam contoh di atas menunjukkan bahwa telah terjadi 2 kesalahan yaitu: pertama, penggunaan huruf besar ‘S’ pada kata Static yang seharusnya ditulis menggunakan huruf kecil (seharusnya ditulis static). Kesalahan yang kedua adalah kurangnya tanda titik koma (;) pada statement system.out.println(“Ululalbab”) dalam program tersebut.
2. Ketika Menjalankan Program (Run-time Errors)
Error yang terjadi pada saat pada saat program dijalankan, contoh:
Muncul pesan exception in thread “main” java.lang. NoSuch Method Error:main
Pesan tersebut mempunyai maksud bahwa dalam program Anda belum ada method main. Pemecahannya adalah dengan menambahkan method main dalam program tersebut.
Kesalahan lain:
1. Muncul pesan kesalahan pada console:
javac : no such file or directory (untuk lingkungan linux)
javac : bad comman or file name (di Windows)
Ada tiga kemungkinan: JDK belum ter-install dalam sistem Anda. Jika Anda sudah meng-install-nya, kemungkinan variabel PATH sistem Anda belum ter-setting dengan benar. Jika tidak ada permasalahan dengan variabel PATH, kemungkinan mengalami permasalahan instalasi (misalnya: konflik dengan program lain). Solusinya adalah melakukan peng-install-an ulang.
2. Salah mengetikkan perintah dalam menjalankan program, misal:
java Ululalbab.java
atau
java Ululalbab.class
yang benar adalah
java Ululalbab

Program I (Ululalbab.java)
public class Ululalbab {
  public static void main(String[] args) {
  System.out.println("Ululalbab");
  }
}

Untuk menulis sebuah program aplikasi Java, minimal yang harus Anda lakukan adalah:

1. Membuat class
Baris pertama pada program di atas adalah kode untuk class. Pada baris tersebut kita akan membuat class public bernama Ululalbab:

public class Ululalbab {
-
-
}

Perhatikan nama class ini harus sama dengan nama file dimana class ini berada, tanpa menggunakan ekstensi .java. Nama class dan nama file ini harus sama agar method main dapat dijalankan.

2. Membuat method main
Baris berikutnya adalah kode untuk method main. Method main adalah method pada class public yang akan dipanggil pertama kali (oleh mesin pengeksekusi Java, JVM) pada saat program dijalankan.
Tulisan "Ululalbab" yang muncul pada layar merupakan efek pemanggilan dari statement:

System.out.println("Ululalbab");

yang dipanggil dari method main.
Mari kita mulai lebih mendalami lagi apa yang sebenarnya terjadi dalam program Ululalbab.java:
Class Ululalbab hanya mempunyai satu method yaitu main(), yang merupakan awal dari program Java. Anda dapat mengatakan bahwa main adalah method, karena mempunyai kurung buka-tutup di belakang main. Method dapat memanggil (menggunakan) method lain, misalnya method main() memanggil method println() untuk menampilkan teks "Ululalbab" di layar.
Setiap method dimulai dengan baris deklarasi yang disebut dengan pengenal method:

public static void main (String[] args)

Keterangan:
  1. public (siapa yang bisa mengakses method ini ). Kata kunci public maksudnya method main() bisa diakses oleh class Java lain atau JVM sendiri.
  2. static (bagaimana penggunaannya). Kata kunci static maksudnya instruksi bagaimana cara menggunakannya. Untuk menggunakan method tersebut tidak harus membuat sebuah instance objek Ululalbab di dalam memori. Kita akan membicarakan lebih lanjut tentang class instance dalam perkuliahan Pemrograman Berorientasi Objek.
  3. Apakah method mengembalikan data? Kata kunci void mempunyai maksud bahwa method main() tidak mengembalikan data kepada program pemanggil. Tetapi jika misalnya, method melakukan beberapa perhitungan, maka method tersebut bisa mengembalikan angka hasil perhitungan ke pemanggilnya.
  4. Nama method. main adalah nama method-nya.
  5. String[] args adalah argument (data yang bisa diberikan kepada method). Pada method main() terdapat String[] args. Ini berarti, method dapat menerima array String yang mewakili data teks. Nilai yang dilewatkan ke method inilah yang biasa disebut dengan argumen.

Di Java kita bisa membuat program yang terdiri dari beberapa class, tetapi salah satu dari class tersebut harus mempunyai method main(). Dalam sebuah class bisa mempunyai beberapa method. Contoh, class database bisa mempunyai method-method update(), insert(), delete(), dan sebagainya.
Dalam method main terdapat statement sebagai berikut:

System.out.println(“Ululalbab”);

Keterangan:
  1. System (class) – class bawaan (built in) yang terdapat dalam pustaka java. Sehingga untuk menggunakan class ini tidak perlu menuliskan (import) paket pustakanya di awal program.
  2. out (objek) – objek yang terdapat dalam class System.
  3. println (method) – method yang berfungsi untuk menampilkan teks pada mode console(command prompt).

Program II (UlulalbabGui.java)
import javax.swing.JOptionPane;
public class UlulalbabGui {
  public static void main(String[] args) {
  JOptionPane.showMessageDialog(null,"Ululalbab");
  }
}

Keterangan program:
  1. import javax.swing.JOptionPane – Pernyataan ini tujuannya untuk menyertakan paket pustaka javax.swing dimana class JOptionPane berada. Karena JOptionPane bukan merupakan class bawaan yang terdapat dalam pustaka java, tetapi berada dalam paket pustaka javax.swing. Sehingga untuk menggunakan class JOptionPane kita perlu menyertakan (import) paket pustaka javax.swing di awal program.
  2. public class UlulalbabGUI – Deklarasi class dengan nama UlulalbabGui.
  3. public static void main(String[] args) – Sama seperti keterangan pada program sebelumnya.
  4. JoptionPane.showMessageDialog(null,”Ululalbab”) – Penggunaan methodshowMessageDialog yang terdapat pada class JOptionPane untuk menampilkan teks “Ululalbab”. Data (string) yang dilewatkan pada saat pemanggilan (penggunaan) method disebut dengan argument.

Tidak ada komentar: